32.1 C
Jakarta
Selasa, Juli 16, 2024

Buy now

Pesan Thariq: Tetap Menjaga dan Mengimplementasikan Kode Kehormatan Pramuka

HIMPUN.ID – Di kegiatan hari pramuka di Desa Potangan Kecamatan Biawu, Ahad 13 Agustus 2023, Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu berpesan kepada peserta maupun pembina pramuka untuk tetap menjaga dan mengimplementasikan kode kehormatan pramuka, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma pramuka siaga.

“InsyAllah generasi ke depan inilah bukan hanya memberikan lompatan pembangunan saja namun ada pula tingkat kepekaannya peduli sesama membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” kata Thariq.

Thariq berharap dinas pendidikan Gorontalo Utara ini menjadi tonggak kokoh dalam menghasilkan generasi penerus jauh lebih baik dari kita.

Melalui pendidikan pramuka semua bentuk pengabdian yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka ini sejalan dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya.

Di semua kode kehormatan Gerakan Pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antar golongan.

Disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dan kerjasama juga penting ditanamkan dalam diri setiap anggota Pramuka. Pramuka juga mengajarkan kita untuk selalu siap sedia dalam segala situasi, menjunjung tinggi persatuan, dan menghargai keanekaragaman.

“Saya berharap, semangat kebersamaan dan semangat kepramukaan akan terus terjaga, untuk mewujudkan Pramuka yang profesional dan proporsional. Mari kita tingkatkan bersama dan selalu berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi daerah negara,” pungkasnya.