PKM Mananggu Gelar Kegiatan Kemitraan Bidan dan Dukun Bayi

Kepala Puskesmas Mananggu Amelia Kadji, SKM (Tengah) saat memberikan pembinaan kepada dukun bayi (Foto:Himpun.id/Abdurrahman Agunta)

HIMPUN.ID – Puskesmas Mananggu kembali menggelar kegiatan kemitraan Bidan dan Dukun Bayi, berlangsung di Pantai Wisata Bolihutuo, Sabtu 21 Januari 2023.

Pada kegiatan kemitraan tersebut, dilakukan pembinaan terhadap Dukun Bayi oleh kepala Puskesmas Mananggu, Amelia Kadji,SKM.

Amelia Kadji mengatakan, pembinaan terhadap Dukun Bayi, dalam rangka pencegahan angka kematian Ibu hamil dan kematian Bayi.

“Kegiatan pembinaan dukun ini kami laksanakan, terkait untuk mencegah angka kematian ibu maupun kematian bayi di wilayah kecamatan Mananggu,” kata Kapus Amelia.

Baca juga:Gelar Refresing, Kapus Mananggu Beri Pembinaan kepada Kader Posyandu

Amelia menyampaikan, kegiatan kemitraan Bidan dan Dukun Bayi, merupakan kegiatan rutinitas bagi Puskesmas Mananggu.

Advertisement

“Kegiatan kemitraan ini memang dirutinkan, dan wajib harus dilaksanakan jadi Dukun itu kami anggap sebagai mitra dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi,” ucapnya.

Tugas Dukun Ada Batasnya

Dijelaskan Kapus Amelia, Dukun Bayi mempunyai tugas yang dibatasi, sehingga yang dilakukan oleh dukun tersebut seperti apa yang dilakukan oleh tenaga kesehatan.

“Jadi tidak secara keseluruhan mereka menangani atau melayani ibu hamil maupun bayi, mereka punya batasannya kami tidak memberikan kebebasan, sehingganya untuk penangan bayi maupun ibu hamil itu mereka sudah tau mana yang wajib mereka laksanakan dan mana yang tidak,” jelas Kapus Amelia.

Amelia berharap, para dukun ini makin aktif menemukan ibu hamil, karena jangkauan para dukun itu, lebih dekat dengan masyarakat.

“Dijaman sekarang ini walaupun semakin canggih tetap dukun ini tetap masyarakat cari, makanya mereka ini kami jadikan sebagai mitra tentunya harus selalu dibina,” tutup Amelia Kadji.

Advertisement

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini