27.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Anda Terus Memikirkan Seseorang? Ini Alasan dan Cara Berhenti

HIMPUN.ID – Terjebak dalam memikirkan seseorang, pasti dialami oleh setiap kita.

Namun tahukah anda mengapa kita terus memikirkan seseorang.

Berikut penjelasannya, dikutip himpun.id dari laman thehealthy 1 Desember 2021.

Mengapa sulit untuk berhenti memikirkan seseorang

Ketika seseorang terjebak dalam pikiran Anda, Anda biasanya menyerah pada perenungan pemikiran obsesif, konstan, dan berulang.

Anggap saja sebagai pikiran yang berjalan tanpa henti di atas roda hamster.

Menurut Jane Greer, terapis pernikahan dan keluarga di New York City dan penulis What About Me ?, menjelasakan, betapa sulitnya untuk berhenti memikirkan orang-orang sampai pada siapa mereka bagi Anda, dan apa artinya bagi Anda dalam hidup Anda saat itu.

Baca juga: Buruan Download! Aplikasi Sipebi Mudahkan Penyuntingan Teks Bahasa Indonesia

Mungkin bekas nyala api telah memberi Anda visi selamanya.

Mungkin seorang teman menawarkan penghiburan di saat Anda membutuhkan.

Ada banyak alasan mengapa orang terus memikirkan orang lain, bahkan ketika mereka tidak menginginkannya.

Dan bukan hanya koneksi masa lalu yang mungkin berputar di pikiran Anda.

Anda dapat merenungkan teman dan kenalan baru juga.

Kabar baiknya adalah melakukan hal ini kadang-kadang benar-benar normal, menurut Sanam Hafeez, MD, seorang neuropsikolog dan anggota fakultas di Universitas Columbia di New York City.

Ini hanya menjadi masalah ketika keterampilan mengatasi (lebih lanjut tentang itu sedikit) tidak membantu, dan Anda merasa seperti Anda tidak dapat mengendalikan pikiran Anda.

Jadi mengapa pikiran Anda mungkin terpaku pada pikiran seseorang?

Kita semua manusia

Manusia membutuhkan koneksi, kata Paul Hokemeyer, psikoterapis klinis dan konsultan di New York dan penulis Fragile Power .

“Kebutuhan akan koneksi ini tertanam dalam sistem saraf pusat kita,” katanya. “Itu primitif dan insting, bukan rasional atau intelektual.”

Dan kualitas dan kuantitas hubungan emosional berhubungan dengan harga diri.

Baca juga: Sejarah KORPRI, Lengkap dengan Panca Prasetya

Hubungan manusiawi kita memungkinkan kita untuk merasa aman, dan berharga di dunia, menurut Hokemeyer.

“Mereka mengisi kita ketika mereka baik dan menguras kita ketika mereka menjadi asam,” katanya.
“Jadi sangat wajar jika kita merasa tidak terkendali ketika seseorang yang menyentuh kita secara mendalam masuk dan keluar dari kehidupan kita.”

Perasaan campur aduk

Salah satu alasan sulit untuk berhenti memikirkan seseorang, terutama seorang mantan, adalah karena hal itu membangkitkan perasaan yang campur aduk.

“Misalnya, mungkin saat mereka dalam hidup Anda adalah saat yang sangat bahagia, sehingga Anda tidak bisa berhenti memikirkan mereka dan nostalgia tentang hubungan masa lalu Anda,” kata Dr. Hafeez.

Apa yang mereka maksudkan bagi Anda saat itu adalah kehilangan ketika mereka tidak lagi ada dalam hidup Anda, kata Greer.

Dan memikirkan mereka adalah cara untuk mengingat dan menangkap kembali sebagian dari rasa sejahtera yang Anda bagikan dengan mereka.

Penolakan

Tampaknya jelas, tetapi perlu dicatat bahwa sulit untuk mengeluarkan seseorang dari pikiran Anda jika suatu hubungan berakhir dengan penolakan.

Greer mengatakan masih ada rasa sakit karena kehilangan dan mungkin kerinduan yang berkelanjutan untuk memilikinya kembali dalam hidup Anda.

“Saat itulah mereka ada di kepala Anda terutama karena semakin besar kerugiannya, semakin Anda akan memikirkannya,” katanya.

Jadi memahami besarnya kehilangan, apakah itu persahabatan atau hubungan, dan bagaimana perasaan Anda tentang diri sendiri adalah penting untuk melanjutkan.

Masalah yang belum terselesaikan

Alasan lain untuk memikirkan seseorang adalah Anda mungkin memiliki masalah yang belum terselesaikan yang tidak ingin Anda bawa ke dalam hubungan Anda berikutnya, kata Dr. Hafeez.

“Anda mungkin perlu waktu untuk menyembuhkan dan menangani perpisahan Anda sebelum melanjutkan ,” katanya. “Untuk melakukan ini, saya sarankan berbicara dengan terapis atau profesional kesehatan mental.”

Anda berfokus pada potensi

Perenungan tidak disediakan untuk hubungan masa lalu. Pertimbangkan seberapa sering Anda memikirkan naksir.

Jika Anda tidak bisa berhenti memikirkan seseorang yang baru, itu mungkin karena Anda berfokus pada potensi mereka, kata Greer.

baca juga: Surah Al Kafirun Ayat 1-6, Lengkap Arti dan Asbabun Nuzul

“Itulah fantasi tentang apa yang bisa Anda miliki dan apa yang Anda rindukan, apa yang mungkin Anda rasakan hilang dalam hidup Anda, apa yang mungkin Anda miliki dengan orang lain,” kata Greer.

“Dan Anda melihat orang baru ini sebagai potensi untuk mengalami kembali dan menghidupkan kembali, dengan orang baru, apa yang Anda miliki dalam hubungan masa lalu.”

Mengingat dirimu saat itu

Pikiran tanpa henti Anda mungkin tidak ada hubungannya dengan mantan Anda daripada diri Anda sendiri. Anda mungkin menyukai diri Anda saat bersama mantan, menurut Dr. Hafeez.

“Penting untuk diingat bahwa Anda selalu bisa menjadi orang itu lagi, apakah Anda sendiri atau dengan seseorang yang baru,” katanya.

Kesendirian

Alasan lain mengapa Anda terus memikirkan orang adalah kesepian .

“Orang yang Anda habiskan sepanjang waktu Anda sekarang telah pergi dari hidup Anda, dan Anda tidak bisa berhenti memikirkannya,” kata Dr. Hafeez.

Daripada menghabiskan begitu banyak waktu untuk memikirkan mereka dan kesepian, hubungi teman lama dan keluarga yang sudah lama tidak Anda temui, sarannya.

“Lebih baik berhubungan kembali dengan teman lama dan keluarga daripada memikirkan orang yang salah,” kata Dr. Hafeez.

Bagaimana cara berhenti memikirkan seseorang

Beri dirimu rahmat

Ketahuilah bahwa Anda mungkin masih mencintai dan peduli dengan mantan Anda, dan itu tidak masalah. Hanya mengingatkan diri sendiri bahwa cinta terkadang tidak cukup dalam suatu hubungan. Dan hanya karena Anda mengakhiri hubungan tidak berarti cinta yang Anda rasakan berakhir, kata Dr. Hafeez.

“Jadi berhentilah menyalahkan diri sendiri karena memikirkannya, dan seiring waktu Anda mungkin akhirnya berhenti memikirkannya sepenuhnya,” katanya. “Dengan kata lain, jika Anda memusatkan seluruh waktu dan energi Anda pada mengapa Anda masih memikirkan seseorang, Anda hanya akan lebih memikirkannya.”

Hokemeyer setuju, mengatakan semakin Anda mencoba untuk mengusir orang dari kesadaran Anda, semakin mereka akan membajak hidup Anda.

Melatih diri Anda untuk menarik diri dari pikiran orang ini bukanlah proses dalam semalam.

“Ingat bahwa Anda terlibat dalam proses yang membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya sendiri,” kata Hokemeyer.

Rasakan perasaanmu

Sebelum Anda bisa berhenti memikirkan seseorang, beri diri Anda waktu untuk merasa marah , sedih, marah, atau emosi lainnya.

“Mengakui perasaan Anda dengan cara yang sehat adalah bagian dari proses penyembuhan dan akan membantu Anda merasa lebih baik dalam jangka panjang,” kata Dr. Hafeez.

“Begitu Anda punya waktu untuk berduka dan merasakan semua jenis emosi, ini akan mengurangi kesedihan Anda, membuat Anda tidak terlalu memikirkan orang itu, dan tidak menyisakan apa pun untuk Anda pikirkan kembali.”

Lepaskan perasaan itu

Lepaskan semua kemarahan atau kebencian yang mungkin Anda miliki terhadap orang tersebut.

“Menahan amarah tidak baik untuk kesehatan mental Anda karena Anda memperpanjang rasa sakit yang Anda rasakan dari mantan atau situasi tertentu, yang menambah lebih banyak stres dalam hidup Anda,” kata Dr. Hafeez.

Melepaskan kemarahan dan menawarkan pengampunan memungkinkan Anda untuk hidup di saat ini, meringankan rasa sakit Anda, dan membebaskan diri Anda dari orang lain.

Tulis semuanya

Bersiaplah untuk memulai jurnal.

Menuliskan pikiran dan perasaan Anda dapat membantu Anda memahaminya dengan lebih jelas, mengendalikan emosi Anda, dan membantu Anda menemukan cara untuk merasa lebih baik, menurut Dr. Hafeez.

“Mengeluarkan semua emosi yang menumpuk dari kepala Anda dapat menyembuhkan patah hati Anda, sehingga membantu Anda berhenti memikirkan seseorang,” katanya.

Hokemeyer mengatakan meletakkan pena di atas kertas memindahkan pengalaman dari bagian primitif otak Anda, sistem limbik Anda, dan ke bagian paling canggih dari otak Anda, korteks prefrontal Anda.

Dia menyarankan daftar mengapa hubungan, persahabatan, atau koneksi tidak berhasil dan daftar apa yang menyakitkan.

“Biarkan perasaan ini mengalir tanpa diedit,” katanya. “Jangan malu untuk membuat daftar hal-hal seperti harga diri yang terluka atau ego yang terluka.”

Terakhir, buatlah daftar pelajaran dan apa yang dapat Anda lakukan lebih baik di masa depan.

Setelah Anda menyelesaikan ketiga daftar ini, simpan di tempat yang dapat Anda kunjungi kembali setiap hari. Kemudian beri diri Anda 90 hari untuk fokus pada daftar dan memahami pengalamannya, saran Hokemeyer.

Pertimbangkan apa yang Anda pelajari

Greer merekomendasikan untuk benar-benar mencoba untuk fokus pada apa yang membuat hubungan atau persahabatan begitu istimewa dan sangat berarti bagi Anda. Pemahaman Anda tentang ini akan menginformasikan koneksi Anda yang lain.

Pada dasarnya, kisah yang Anda ceritakan pada diri sendiri tentang arti orang tersebut bagi Anda sangat berpengaruh. Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk menggerakkan hidup Anda ke arah yang positif, kata Hokemeyer.

“Ada alasan spesifik dan jelas mengapa orang yang Anda obsesikan datang ke dalam hidup Anda,” katanya. “Alih-alih membiarkan modal emosional dan intelektual Anda terkuras oleh sejumlah emosi negatif, seperti kebencian, pengkhianatan, dan kehilangan […] fokuslah pada hal-hal positif yang telah Anda pelajari tentang diri Anda dalam prosesnya.”

Sisihkan waktu untuk memikirkan orang itu

Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi menyisihkan waktu tertentu untuk memikirkan seseorang adalah taktik yang bagus, kata Greer.

“Cobalah dan susun ketika Anda akan memikirkannya sehingga Anda mengakui pada diri sendiri bahwa Anda merindukan mereka dan merenungkan apa yang Anda hargai dalam hubungan yang Anda miliki dengan mereka, alih-alih membiarkan mereka muncul di kepala Anda sepanjang waktu, ” dia berkata.

Apakah mantan Anda tiba-tiba muncul di kepala Anda? Maaf, tapi Anda punya rencana untuk memikirkannya hari ini setelah makan malam. Katakan pada diri Anda untuk bertahan sampai sesi yang dijadwalkan.

Trik ini memberi Anda ruang untuk merasakan perasaan Anda tanpa pikiran terus-menerus mengganggu kehidupan aktif Anda, kata Greer.

Tetapkan batas

Cara lain yang bermanfaat untuk berhenti memikirkan seseorang adalah dengan menetapkan batasan dengan diri sendiri dan terkadang dengan orang lain. (Hal ini terutama berlaku untuk hubungan mantan romantis.)

Misalnya, jelaskan kepada diri sendiri apa yang terbaik untuk Anda, apa yang Anda butuhkan, dan apa yang tidak Anda butuhkan dari orang tersebut untuk memulai proses bergerak maju, kata Dr. Hafeez.

Jika mantan terus mengirimi Anda pesan, jelaskan kepadanya bahwa untuk move on, Anda tidak ingin dia menghubunginya. Ini akan membantunya memudar dari pikiran Anda dan memberi Anda waktu untuk tumbuh dan sembuh, kata Dr. Hafeez.

Cara lain untuk menetapkan batasan: Hapus foto lama dari ponsel Anda.

“Jika melihat foto-foto masa lalu memicu Anda dan membuat Anda terus-menerus memikirkan seseorang, menghapusnya dari ponsel Anda mungkin merupakan langkah penting untuk bergerak maju dan membersihkannya dari pikiran Anda,” kata Dr. Hafeez.

Hindari kontak

Jika Anda memutuskan komunikasi dan memberi diri Anda waktu untuk menjauh dari orang yang tidak dapat Anda hentikan untuk dipikirkan, Anda membiarkan diri Anda sembuh sepenuhnya, dan ikatan romantis Anda pada akhirnya akan putus, menurut Dr. Hafeez.

Ini mungkin berarti memblokir mantan teman atau kehilangan koneksi di media sosial, kata Greer.

Itu tidak harus permanen, tetapi sulit untuk berhenti memikirkan seseorang jika foto dan pembaruan mereka selalu ada di timeline Anda.

Jaga dan alihkan perhatianmu

Manjakan diri dalam “waktu Anda” atau perawatan diri juga dapat membuat Anda merasa kurang stres dan dapat meremajakan pikiran Anda, kata Dr. Hafeez.

“Fokus pada tujuan pribadi dan momen saat ini untuk membantu Anda memaksimalkan hidup dan mencapai tempat bahagia itu lagi,” katanya.

Ini mungkin berarti berkencan, memulai rutinitas olahraga, atau bergabung dengan kelas seni.

Mengambil langkah aktif untuk fokus pada diri sendiri adalah cara yang baik untuk menyingkirkan seseorang dari pikiran Anda dan memprioritaskan Anda.

“Luangkan waktu bersama keluarga dan teman, coba restoran baru, atau nikmati hari spay,” kata Dr. Hafeez. “Apa pun yang Anda lakukan, beri diri Anda cinta dan perhatian untuk menjernihkan pikiran dan fokus pada diri sendiri.”

Fokus pada hubungan lain

Greer menyarankan untuk melihat hubungan atau persahabatan lain dalam hidup Anda untuk melihat apakah Anda mengalami perasaan positif yang sama seperti yang Anda rindukan dari orang yang Anda coba untuk tidak pikirkan. Anda mungkin ingin membuka kembali jurnal Anda untuk langkah ini.

Pertimbangkan bagaimana Anda dapat meningkatkan hubungan tersebut atau bagaimana Anda bahkan dapat bertemu orang baru sehingga Anda tidak terjebak di masa lalu.

Sangat membantu untuk mengetahui apa yang membuat hubungan itu begitu signifikan dan kuat.

Melakukan hal itu akan membantu Anda mengetahui bagaimana Anda dapat meniru perasaan dalam hubungan Anda saat ini dan bagaimana Anda dapat memilikinya dalam hidup Anda ke depan, menurut Greer.

Kapan harus berbicara dengan seorang profesional

Tentu saja, jika Anda tidak bisa berhenti memikirkan seseorang setelah mencoba teknik di atas, mungkin akan membantu untuk berbicara dengan terapis untuk menghentikan perenungan.

“Seorang terapis dapat membantu Anda menghadapi perasaan Anda dan mengajari Anda cara menghadapi emosi yang sulit, yang pada akhirnya membuat Anda tidak lagi memikirkan seseorang,” kata Dr. Hafeez.**

Sumber: thehealthy