27.8 C
Jakarta
Rabu, Juli 24, 2024

Buy now

Ingin Otak Anda Tetap Tajam? Ini Caranya!

HIMPUN.ID – Menjaga ketajaman otak sangat penting bagi seseorang.

Dengan melakukan latihan, mampu menjaga otak tetap tajam.

Namun latihan seperti apa yang bisa membuat agar otak tetap tajam?

Disini anda sangat perlu memilih dan memilah latihan seperti apa yang bisa dilakukan untuk menjaga ketajaman otak.

Baca juga:Diikuti 13 Club, Turnament Volly Ball Kampale Resmi Dibuka

Nah, bagi anda yang ingin tahu, berikut 15 latihan memori terbukti menjaga Otak tetap tajam, dikutip himpun.id dari thehealthy Sabtu 18 Desember 2021 :

1. Menggambar peta

Penelitian menunjukkan bahwa membangun peta mental adalah pendorong otak yang serius.

Pengemudi taksi di London, misalnya, diharuskan menghafal 25.000 jalan dan 20.000 landmark agar memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi.

Tapi keterampilan geografi baru bukan satu-satunya keuntungan; ahli saraf di University of London menemukan bahwa taksi ini memiliki hippocampi yang jauh lebih besar, atau daerah otak yang menyimpan dan mengatur ingatan.

Latihan memori: Gambarlah peta—lingkungan Anda, perjalanan Anda, atau area lain yang sudah dikenal—sepenuhnya dari memori.

Baca juga:Fraksi Gerindra Walk Out Saat Paripurna Laporan Reses Tahun 2021

Kemudian, ulangi latihan ini setiap kali Anda mengunjungi tempat baru atau mengambil rute pulang yang berbeda

2. Kuis sendiri

Lupakan permainan komputer yang mewah; kertas dan pena adalah metode yang terbukti benar untuk meningkatkan daya ingat Anda, kata para ahli.

Latihan memori: Cobalah membuat dan mengingat daftar barang belanjaan, tugas yang harus diselesaikan, dll.

Kemudian, lihat berapa banyak barang yang dapat Anda ingat setelah satu atau dua jam. Semakin panjang (dan semakin rumit) daftarnya, semakin sulit latihan untuk otak Anda.

3. Berlatih soal matematika sederhana

Apakah Anda pikir Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada matematika setelah lulus SMA? Pikirkan lagi.

Menurut para ahli, masalah penambahan atau pengurangan sehari dapat menjauhkan penurunan kognitif.

Baca juga:Menkes BGS Himbau Masyarakat Tetap Waspada Varian Baru Covid-19
Latihan memori: Selesaikan beberapa masalah matematika sederhana di kepala Anda setiap pagi — pensil, kertas, atau kalkulator tidak diizinkan.

Untuk meningkatkannya, cobalah berjalan atau memasak pada saat yang bersamaan.

4. Uji selera Anda

Memasak adalah win-win untuk otak Anda. Baik membuat dan memakan makanan mengaktifkan daerah otak yang berhubungan dengan penciuman, sentuhan, penglihatan, dan rasa.

Plus, menggunakan indra Anda juga dapat meningkatkan daya ingat Anda.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang melihat serangkaian gambar lebih mungkin mengingat mereka yang memiliki wewangian daripada yang tidak.

Latihan memori: Saat Anda mengunyah, luangkan waktu sejenak untuk membedakan rasa masing-masing bahan dalam hidangan, hingga bumbu dan rempah yang paling samar.

Sajikan beberapa makanan sehat otak ini di piring Anda untuk meningkatkan kecerdasan ekstra.

5. Bercerita

Bercerita adalah stimulan mental yang hebat, membantu Anda fokus pada detail penting, mengaitkan emosi dengan ingatan Anda, dan mengingat peristiwa penting dalam hidup dengan mudah di kemudian hari.

Ini telah digunakan sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer, juga.

Latihan memori: Sebelum Anda tidur di malam hari, putar ulang kejadian hari itu di kepala Anda.

Baca juga:Kapolri Apresiasi Pencapaian Vaksinasi Gorontalo Melewati Angka 70 persen

Cobalah untuk mengingat detail dari setiap momen, mulai dari saat Anda bangun hingga saat Anda naik ke tempat tidur.

6. Ambil kelas

Untuk menjaga noggin Anda dalam kondisi prima, penting untuk terus belajar—berapa pun usia Anda.

Para ahli percaya bahwa terus belajar sepanjang hidup Anda dapat mencegah penuaan mental dan meningkatkan daya ingat Anda.

Latihan memori: Apakah itu memasak atau kalkulus, mendaftarlah di kelas yang akan mengajari Anda sesuatu yang baru. Percayalah pada kami, otak Anda akan berterima kasih.

7. Mainkan olahraga baru

Memompa jantung Anda juga dapat membuat otak Anda terbentur.

Aktivitas atletik yang merangsang pikiran dan tubuh Anda, seperti yoga, golf, atau tenis, telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak dan tingkat energi.

Latihan memori: Daftar untuk mempelajari olahraga yang belum pernah Anda mainkan sebelumnya, dan pelajari aturan dan prosedurnya.

Jika Anda tidak dapat pergi ke gym, masuklah ke permainan otak gratis yang belum pernah Anda coba ini .

8. Tantang keterampilan motorik halus Anda

Seperti belajar olahraga atau mendaftar di kelas baru, menguasai aktivitas yang membutuhkan koordinasi mata-tangan yang cukup dapat membuat otak Anda tetap aktif dan sehat.

Latihan memori: Lakukan hobi baru yang mengharuskan Anda menggunakan tangan, seperti merajut, melukis, atau merakit teka-teki gambar.

Lebih baik lagi, kunyah permen karet saat Anda melakukannya; satu studi menemukan bahwa mengunyah permen karet sambil menyelesaikan tugas dapat meningkatkan konsentrasi dan memori.

9. Hafalkan nomor telepon

Bahkan sesi pelatihan otak yang singkat dapat membuat perbedaan besar untuk memori Anda.

Dengan menantang otak Anda dengan teka-teki menghafal, para ahli percaya Anda dapat melindungi sel-sel otak Anda dan memperkuat hubungan di antara mereka.

Baca juga:Manfaat Buah Mengkudu: Mencegah Kanker juga Mengurangi Stres

Latihan memori: Buat teman Anda terkesan dengan mengingat nomor telepon mereka.

Ashraf Al, MD, merekomendasikan untuk membagi setiap 10 digit angka menjadi tiga bagian; misalnya, 801555 8372 jauh lebih mudah diingat daripada 8015558372.

10. Buat frasa mnemonik

Membuat perangkat mnemonic adalah salah satu cara yang sangat mudah untuk menyimpan aturan penting, fakta, atau daftar tugas di bank memori Anda.

Beberapa adalah akronim, seperti RICE, (Istirahat, Es, Kompresi, dan Ketinggian), perawatan pertolongan pertama untuk cedera.

Lainnya datang dalam bentuk kalimat, seperti “maju musim semi, mundur,” pengingat untuk mengatur ulang jam Anda dua kali setahun.

Latihan memori: Lain kali Anda perlu menghafal sesuatu dengan tergesa-gesa, buatlah akronim atau kalimat yang cerdas untuk itu.

11. Belajar bahasa asing

Studi menunjukkan bahwa mempelajari sesuatu yang baru dan kompleks dalam jangka waktu yang lama dapat melindungi otak yang menua.

Tidak hanya mendengarkan dan mendengar latihan stimulan mental yang hebat, tetapi belajar bahasa baru juga dapat mengurangi risiko penurunan kognitif .

Latihan memori: Mendaftarlah di kursus bahasa asing di perguruan tinggi setempat atau online.

Jika Anda kekurangan waktu, Rosetta Stone atau Duolingo akan memungkinkan Anda untuk belajar dengan kecepatan Anda sendiri.

12. Tingkatkan kecepatan pemrosesan Anda

Cepat di kaki Anda, atau lambat untuk pukulan? Jika jawaban Anda adalah yang terakhir, otak Anda mungkin bermasalah.

Belajar bereaksi dan memproses sesuatu dengan cepat dapat menangkal demensia, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience.

Latihan memori: Cobalah PQRST, metode lima langkah untuk memproses informasi tertulis yang panjang dengan cepat.

Akronim singkatan dari: Pratinjau atau skim materi, ajukan Pertanyaan tentang poin utama dokumen, Baca ulang, Pelajari jawaban atas pertanyaan Anda, dan Uji diri Anda sendiri.

13. Ulangi dengan keras

Mengatakan informasi dengan keras dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengingatnya nanti, kata penelitian.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Memory, subjek yang membaca informasi tertulis dengan lantang menunjukkan peningkatan retensi lima hingga 15 persen.

Latihan memori: Untuk mengingat sesuatu yang baru saja Anda lakukan, dengar, atau baca, ulangi dengan keras; melakukannya akan memakukan memori ke dalam pikiran Anda.

14. Hemat energi mental Anda

Jangan sia-siakan kekuatan otak yang berharga untuk mencoba mengingat di mana Anda meletakkan kunci atau waktu janji temu dengan dokter Anda berikutnya.

Dengan menghilangkan gangguan yang tidak perlu, Anda dapat memfokuskan energi Anda pada informasi baru yang sebenarnya ingin Anda ingat.

Latihan memori: Simpan kalender atau perencana, dan tentukan tempat untuk barang-barang yang sering hilang.

15. Gunakan isyarat visual

Terakhir, namun tentu tidak kalah pentingnya, tidak ada salahnya sesekali memakai tali di sekitar jari Anda untuk menggerakkan ingatan Anda.

Latihan memori: Tempatkan catatan Post-It di keyboard komputer, meja, atau lemari es Anda sebagai pengingat sepanjang hari.

Anda juga bisa memakai gelang atau memasang alarm di ponsel Anda.

Sumber: thehealthy