27.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Pemda Bonbol Terus Mendorong Potensi Pariwisata di Daerah

HIMPUN.ID – Guna meningkatkan kunjungan wisatawan, yang ada di dalam Daerah, maupun dari di luar Daerah, Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango, terus mendorong potensi pertumbuhan sektor pariwisata.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bone Bolango H. Lukman A. Daud, usai rapat kerja bersama dengan Badan Kerja Sama Utara Utara (BKSU) dalam sektor pariwisata di Kabupaten Bone Bolango, bertempat di Ruang Rapat Bupati Bone Bolango, Selasa (23/02/2021).

“Seperti kita ketahui bersama, empat Kabupaten ini, memiliki karakteristik pariwisata yang agak berbeda, tapi pada dasarnya dia sama, sehingganya kita bekerja sama, untuk mempromosikan pariwisata guna meningkatkan para pengunjung wisatawan” ungkapnya.

Dijelaskanya, rapat kerja Badan Kerja Sama Utara Utara (BKSU) dalam sektor pariwisata ini, sebagai tindak lanjut kerja sama dalam meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata di empat Kabupaten, dalam upaya pertumbuhan perekonomian masyarakat.

“Tentunya dengan kerja sama ini, bisa meningkatkan pendapatan daerah-daerah, khususnya pendapatan Negara, serta masyarakat pada umumnya, dan memperluas kesempatan serta lapangan kerja, untuk mendorong kegiatan-kegiatan industri penunjang, memperkenalkan keindahan alam, dan kebudayaan di masing-masing Daerah,” jelas Lukman.

Tiga Program Unggulan

Sementara itu, Sekretaris Jendral (Sekjen) Badan Kerja Sama Utara Utara (BKSU), Fachrudin Zain Olilingo, mengungkapkan, bahwa rapat tindak lanjut yang kedua ini, membahas tentang program unggulan, setelah Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, ditetapkan sebagai ketua BKSU, setelahnya direkomendasi tiga program unggulan yang saat ini masih dibahas.

“Tiga program unggulan yang direkomendasikan Bapak Bupati Gorontalo Utara ini, yakni pengembangan udang vaname, khusus program Kelautan dan Perikanan, peternakan Sapi khusus untuk program sektor Peternakan dan Pertanian, dan yang terakhir Pariwisata,” terangnya.

Ia menjelaskan, rapat BKSU pertama di Laksanakan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dalam rangka membahas tentang program pengembangan udang vaname.

“Rapat yang pertama kita adakan di Bolmut, membicarakan tentang program pengembangan udang vaname itu pada tanggal 19 Februari, kemudian hari ini tanggal 23 Februari di Bone Bolango, membicarakan khusus tentang program pariwisata, dan terakhir pada tanggal 2 Maret, itu membicarakan program peternakan sapi itu di Kabupaten Boul,” bebernya.

Selain itu, terkait hasil mengenai program pariwisata yang sudah dibahas tersebut, akan ditindaklanjuti untuk segara di rumuskan oleh pihak yang sudah ditentukan.

“Yang akan merumuskan dalam program pariwisata ini, yaitu Kepala-kepala Dinas, dan UNG akan merumuskan program-program apa-apa saja yang harus di prioritaskan dalam mendapatkan anggaran tahun 2022 , dan itu akan di paparkan pada rapat pleno di Kabupaten Gorontalo Utara, dalam hal ini akan di ikuti oleh sektor perikanan, peternakan, pariwisata, dan masing-masing itu akan memaparkan program unggulan” pungkasnya.

Reporter : Rihol Igirisa

Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia